Hari yang Manis di Pabrik Frisian Flag Susu Kental Manis

Sore itu hujan.
Derasnya cukup untuk menyapu bau asem keringat yang dipanggang matahari di tubuh kami, dari kepala hingga kaki. Kaki-kaki kecil kami berkecipak berlarian menginjak rumput-rumput basah bercampur tanah berlumpur, ketika daun-daun di pohon-pohon di halaman rumah Ibu bergoyang menunduk-nunduk tertimpa hujan, seolah ikut menari bersama kami yang kegirangan dan kedinginan.

Matahari hampir rebah di balik pohon ketika Ibu memanggil dari balik pintu, memaksa kami menyeret kaki meninggalkan keceriaan hujan, menyisakan jejak-jejak lumpur dan sisa tawa di belakang kami. Saat itu, langit tak jingga. Hujan selalu mampu menyulap segala yang berwarna jadi abu-abu.
Di dalam rumah kutemukan Ibu sedang mengangkat panci besar dengan asap mengepul di dalamnya. Kami mulai loncat-loncat berlarian kegirangan, tak ada yang lebih menyenangkan selain hangat air panas yang meredakan gigil selepas mandi hujan.

Tapi aku salah..
Ada yang selalu lebih menyenangkan dari mandi hujan dan air hangat; segelas susu hangat.

Aku selalu menganggap Ibu adalah peri hujan yang dititipkan Tuhan di rumah kami, tugasnya menghujani kami dengan cinta. Tapi Ibu tak menguap bersama musim kemarau, Ibu tinggal, sebagai hadiah cinta dari Tuhan untuk kami. Entah kenapa, setiap kali kukatakan hal itu kepadanya, ia dan Ayah selalu tertawa dan mengatakan sebaliknya; kamilah, hadiah cinta untuk mereka.
Entahlah, segala tentang Ibu memang selalu manis dan melankolis. Semanis segelas susu putih yang terhidang di atas meja, aku selalu suka susu putih. Atau boleh sesekali menyesap susu cokelat, seperti kedua kakakku. Tapi tidak kopi hitam yang dicampuri susu putih seperti milik Ayah (meski ia menyebutnya kopi susu. blah! ngga ada susu-susunya, pahit!)

aku suka susunya

hingga tetes terakhir

aku suka coklatnya 

hingga tetes terakhir

susu bendera coklat nikmat

hingga tetes terakhir

susu bendera cokelat NIKMAT

hingga tetes terakhir…

Lagu yang diputar di dalam aula gedung kantor Frisian Flag Factory siang ini menyeretku pada kenangan itu. Bahkan rasanya aku dapat mencium bau hujan dengan rambut basah selepas mandi, dan menyesap manis hangat susu kental manis di lidahku. Ah.. mungkin memang masih tersisa manis susu Frisian Flag kental manis putih yang kusesap tadi saat baru sampai di sini.

Hari ini aku diundang oleh Makchic untuk mengunjungi Frisian Flag Factory di Ciracas, Jakarta Timur. Untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri, darimana tanda cinta dari Ibu di setiap pagi dan sore kami dibuat.

Ketika baru menjejakkan kaki di pabrik itu, mataku lembab, basah seperti jendela yang berembun. Aku hampir menangis, tak ada satupun orang di situ yang tau, aku sedang mewujudkan mimpi masa kecilku!
Kutatap lekat-lekat tulisan besar di gedung itu;

di sinilah, keajaiban itu berasal
di sinilah, keajaiban itu berasal

Uwooowww..!! Aku ada di pabrik susuuuuuu..!! *insert thousand emoticon love here*
Dan petualangan seru-ku hari ini dimulai…

Begitu masuk ke dalam gedung, mata basahku segera digantikan oleh binar kegirangan. Rasanya ingin sekali loncat-loncat riang seperti anak kecil.. *inget badan* *lalu ngga jadi loncat* *sigh*
Di depan mataku, berdiri sebuah mesin ajaib penghasil susu langsung dari pabriknya. Yes, pagi menyenangkan itu dibuka oleh mesin pembuat susu yang secara ajaib mengeluarkan susu hangat beserta gelasnya. Free-flow. Kyyaaaa!!!

Lalu kubawa segelas susu hangat ini ke aula gedung, dengan kenangan masa kecil bermain di kepalaku.

Mungkin bukan hanya aku, mungkin teman-teman blogger lainnya yang ikut diundang ke pabrik Frisian Flag ini juga memainkan kenangan di kepala mereka sendiri-sendiri. Sebab Frisian Flag telah hampir 95 tahun menemani pagi dan sore dan siang dan malam dan setiap waktu kebersamaan masyarakat Indonesia.
Masuk dengan nama londo; Friesche Vlag, namun sering bikin lidah keseleo dan disesuaikan dengan kearifan lokal ‘Soesoe Tjap Bendera’ yang kemudian lebih luwes di lidah dan ingatan orang Indonesia dengan nama ‘Susu Bendera’, Frisian Flag Susu Kental Manis ini jadi favorit anak-anak dan dewasa untuk menikmati segelas susu yang kaya gizi, ataupun sebagai campuran makanan dan minuman lainnya.

Oh yeah, mana bisa kulupa selembar roti tawar dengan toping susu Frisian Flag kental manis cokelat banyak-banyak di atasnya, setiap pulang sekolah? >.<
Atau puding cokelat buatan Ibu dengan fla susu Frisian Flag kental manis putih bhuanyaaaak sampai terendam? >,<
Juga sore yang gerah ditemani es teler dengan tuangan susu Frisian Flag kental manis gold? >,<

Di sini, para bartender Susu Bendera membuatkan kami kreasi minuman segar yang enyaaaakk dengan Frisian Flag susu kental manis, yang jelas jauuuhh lebih kreatif daripada bikinan Ibu (´̯ ̮`̯ )

minuman dari susu kental manis on the new level

Selain dijelaskan mengenai alur produksi dari mana susu ini berasal; dari sapi-sapi sehat yang tergabung di koperasi peternakan di daerah Pengalengan, dibawa ke pabrik susu setelah sebelumnya didinginkan dulu agar mikroba yang terkandung di dalamnya ‘bobok’, dan dipanaskan kembali 90 derajat setelah sampai di pabrik, untuk kemudian diolah menjadi susu-susu nikmat siap minum. Kami diajak berkunjung ke dalam pabrik di mana seluruh keajaiban itu diproduksi.

Sebelum masuk ke pabrik, kami diberi perlengkapan perang dulu; jubah putih, cover kepala, earmuff, masker dan sepatu. Semua orang yang masuk ke dalam pabrik, wajib pakai perlengkapan ini. Biar steril siiiiyyss..

img_0443-2
The Goodness of #buibukSocmed and #FrisianFlag

Syuppeer Syerruuu di dalam pabrik!
Beribu-ribu kaleng susu bergulir, lempengan kaleng dipototong-potong, susu-susu dimasukkan ke dalam kemasan, kardus-kardus susu berjalan sendiri hingga sampai masuk kardus dengan rapi siap kirim. Semua berjalan dengan cepat, cermat dan steril.
Dalam satu menit, satu mesin bisa menghasilkan 600 kaleng sekaligus looohh… Dan saking cermatnya, kalau ada cacat produksi sedikiiiitt saja, langsung dibuang. Sayang yaaaa… ‎(╥﹏╥)

Frisian Flag pancen jempoooolll…
Pulang-pulang kita dikasih goodie bag yang masyaAllah bhuanyaknya, sampe susah bawanya. Plussss sempet menang doorprize pula. Hamdallah.

img_0326
Goodiebag-nya bisa buat sedapuuurrr..
Pertama kalinya menang doorprize, Ya Allah.. :')))
Pertama kalinya menang doorprize, Ya Allah.. :’)))

Yang lebih asyik dari yang paling mengasyikkan adalah kabar baik dari kemasan susu kental manis yang sudah berinovasi pembukanya, kalau dulu untuk membuka kalengnya perlu perjuangan dengan menggunakan pisau, obeng, sampai bambu runcing (woelaahh), sekarang cuma tinggal klik, tarik, tuang. Lubangnya pun dibentuk sedemikian rupa hingga susu keluar dengan takaran yang pas.

Ah, apa yang lebih bisa menyempurnakan hari ini selain hujan selepas sore dan segelas susu Frisian Flag kental manis…. 🙂

____

#FFsusukentalmanis
#susukentalmanis
#frisianflag

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *